KULIAH UMUM BERSAMA OTORITAS JASA KEUANGAN, BURSA EFEK INDONESIA SUMATERA SELATAN DAN BRI DANAREKSA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang mengadakan kegiatan Kuliah Umum bersama Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia Sumatera Selatan serta BRI Danareksa di Auditorium Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Selasa (14/03/23). Kegiatan ini dinarasumberi oleh empat narasumber yaitu Andry Wicaksono, KH.Hendra, M.Pd.I, Hari Mulyono dan Tri Rizky Brama P.

Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hj. Hamidah M.Ag menyampaikan bahwasanya Kuliah Umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Dalam kegiatan ini, kita bisa mendapatkan ilmu dan inspirasi yang tidak bisa kita peroleh di bangku kuliah. Namun, kita peroleh dengan mengikuti forum-forum seperti ini dan mendengar pengalaman-pengalaman langsung dari narasumber” ujarnya.

Kuliah umum dilanjutkan dengan Keynote Speech dari Direktur Analisis dan Informasi Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan selaku Sujanto. Beliau menjelaskan tantangan dan peluang pengembangan pasar modal syariah.

“Kuliah umum tentang pasar modal saat ini telah dilaksanakan untuk kedua kalinya di palembang yang pertama di unsri dan yg kedua di UIN Raden Fatah.”

Materi pertama disampaikan oleh Analis Senior Direktorat Pengembangan Pasar Modal dan Pasar Modal Syariah OJK, Andry Wicaksono. Beliau menjelaskan perbedaan berinvestasi dan tidak berinvestasi. “Dengan berinvestasi kita tidak hanya mengeluarkan dana tetapi juga mendapatkan dana return di kemudian hari.”

Pemateri kedua, Pemimpin/Pengasuh Pesantren Aulia Cendekia, KH. Hendra, M.Pd.I mengungkapkan bagaimana cara menjadi sukses menurut syariat Islam adalah dengan  niat yang baik dan memberikan  keberkahan di sekitar masyarakat. Menurut Hendra, Orang yang suka berbagi adalah orang yang bemental kaya.

Kemudian, materi ketiga disampaikan oleh Hari Mulyono selaku Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumatera Selatan. Ia menuturkan bagaimana cara berinvestasi dengan modal kecil yang aman dalam syariat Islam. Tak hanya itu, beliau juga menyampaikan strategi terbaik dalam berinvestasi, yaitu mengenali dengan baik perusahaan yang akan diinvestasikan.

Lebih lanjut, pemateri terakhir, Tri Rizky Brama P. selaku BRI Danareksa Sekuritas Advisor memaparkan materi mengenai pengaplikasian langsung aplikasi Bright dari BRI Danareksa yang dapat digunakan sebagai awal dari berinvestasi.

Kuliah Umum ini juga mengajak anak-anak muda untuk memanfaatkan uangnya dengan berinvestasi legal dan Syariah. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hj. Hamidah, M.Ag, Dekan FEBI, Dr. Heri Junaidi, M.A, Wakil Dekan II FEBI, Dr.Titin Hartini, S.E.,M.Si, Wakil Dekan III, Nilawati, S.Ag., M.Hum serta jajaran Dosen FEBI.

Reporter: Alfina Muizana, Nabilah Dzahabiyyah, Nadya Jovita, Supriana

Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *