Tingkatkan Kemampuan Menulis, Prodi Magister Ekonomi Syariah Gelar Kuliah Dosen Tamu dengan Undang Dua Profesor Muda

Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah menggelar kuliah dosen tamu untuk mahasiswa S2 Ekonomi Syariah. Kuliah ini dilaksanakan secara offline yang bertempat di ruang kelas 204 & 205 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan online melalui Zoom Meeting. Sabtu, (25/2/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dan skill lainnya yaitu untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam bidang Ekonomi dan Bisnis Islam khususnya terkait topik yang diangkat.

Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Prodi Magister Ekonomi Syariah Dr. Maftukhatusolikhah, M.Ag menuturkan bahwa kuliah ini menghadirkan dua orang profesor yang memiliki banyak prestasi. “Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi para peserta, khususnya para mahasiswa terkait cara membangun karir akademik sejak dini, sehingga mampu menjadi expert dalam bidang yang ditekuni, yaitu ekonomi dan bisnis Islam.”

Dalam kegiatan ini, menghadirkan dua orang profesor dari UIN Raden Intan Lampung dan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, MSI dengan mengangkat tema “Instrumen Distribusi dan Keadilan dalam Islam”. Sesi kedua disampaikan oleh Prof. Alfitri, M. Ag. LL. M. Ph,D dengan tema “Zakat Perusahaan dan Implementasinya dalam Perbankan Syariah”.

Hadir untuk membuka acara kuliah dosen tamu secara resmi, Dekan FEBI, Dr. Heri Junaidi. MA., CRA., CRP, Wakil Dekan 1 Dr. Rika Lidyah, SE., M.Si., Ak. CA., CRA., CRP, Wakil Dekan 2 Dr.  Titin Hartini, SE., M. Si., CRA., CRP, Wakil Dekan 3 Nilawati, S.Ag., M. Hum., CRA., CRP, Ketua dan sekretaris Prodi di lingkungan FEBI UIN Raden Fatah, dan para Dosen, serta mahasiswa yang mengikuti kuliah tersebut. 

Dalam materinya, Prof. Dr. Ruslan Abdul Gifur., MSI  menyampaikan tentang kondisi umat islam saat ini, bagaimana Islam menyelesaikan masalah masyarakat Indonesia yang miskin, mayoritas muslim, dan bagaimana konsep distribusi dalam Ekonomi Islam secara teoretis. Pemaparan Prof. Dr. Ruslan disajikan dengan komprehensif sehingga peserta mempunyai pemahaman dasar terkait Grand Theory Ekonomi Islam dan bagaimana konsep-konsep itu dapat diimplementasikan.

Prof. Alfitri, M.Ag., LL., M. PhD pada perkuliahan bagian kedua menyampaikan tentang dampak dari birokratisasi manajemen zakat terhadap penyaluran zakat perusahaan di IB, di mana saja organisasi penyedia zakat di Indonesia, dan beberapa poin penting yang diambil dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam naskah bukunya yang berjudul “Islamic Law and Society in Indonesia: Corporate Zakat Norms and Practices in Islamic Banks” akan terbit pada awal tahun 2022 melalui Routledge, sebuah penerbit bereputasi di Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *