FEBI UIN Raden Fatah Palembang Jalin Kerjasama dengan IAIQI Indralaya sekaligus Pelaksanaan PKM Berbasis Prodi Ekonomi Syariah

Foto bersama penandatanganan MOU dan pelaksanaan PKM berbasis Program Studi di Institut Agama Islam Ilmu Al-Qur’an (IAIQ) Indralaya. (10/02/22)

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang melakukan penandatanganan kerjasama dengan Rektor Institut Agama Islam Ilmu Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya, pada Kamis 10  Februari 2022 di Aula IAIQI. Penandatanganan naskah kerjasama juga dilakukan antara Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Perbankan Syariah, dan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf FEBI UIN Raden Fatah dengan Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah IAIQI Indralaya.

Dalam sambutannya, Dr. Muyasaroh, M.Pd.I., selaku Rektor IAIQI Indralaya merasa senang dan menyambut gembira kedatangan delegasi dari FEBI UIN Raden Fatah dalam rangka penandatanganan MoU sekaligus implementasinya dalam bentuk diseminasi hasil penelitian dosen FEBI UIN Raden Fatah dan berharap bahwa kegiatan serupa ini dapat terus berlanjut.

Selanjutnya, Dekan FEBI UIN Raden Fatah Palembang Dr. Heri Junaidi, M.A., membalas sambutan tersebut dan menyampaikan bahwa FEBI UIN Raden Fatah senang dapat bersilaturahmi dengan membawa formasi lengkap baik seluruh jajaran Dekanat, dimulai dari Wakil Dekan 1 Dr. Rika Lidyah, M.Si., Ak.,CA., Wakil Dekan 2 Dr. Titin Hartini, M.Si., dan Wakil Dekan 3 Nilawati, S.Ag., M.Hum. serta seluruh Pengelola Program Studi yang ada di lingkungan Febi UIN Raden Fatah Palembang, mudah-mudahan kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama dan implementasinya ini membawa berkah manfaat bagi kedua lembaga sehingga dapat bersinergi untuk maju bersama dalam pengembangan pendidikan khususnya ilmu ekonomi dan bisnis Islam.

Di hari yang sama, dilanjutkan kegiatan Diseminasi Pasar Modal Syariah oleh Prodi Ekonomi Syariah bekerjasama dengan Galeri Investasi UIN Raden Fatah Palembang, BEI Sumsel, dan BRI Danareksa di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dengan tema “Pasar Modal Syariah itu Halal”. Program ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hari Mulyono selaku Ketua Umum Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel menjadi Narasumber Utama dalam kegiatan tersebut. Selain itu, Try Rizky Brama Putra hadir menjadi pembicara mewakili BRI Danareksa Sekuritas serta Dr. Maftukhatusolikhah, M. Ag. sebagai pembicara mewakili FEBI UIN Raden Fatah Palembang.

Dr. Maftukhatusolikhah, M. Ag. selaku Kaprodi Ekonomi Syariah, ketika diwawancarai menjelaskan bahwa terdapat fasilitator serta dukungan dalam keberlangsungan kegiatan. “Kegiatan yang diikuti sejumlah dosen Prodi yang bertindak sebagai fasilitator ini juga mendapat dukungan dari lembaga internal yaitu Galeri Investasi UIN Raden Fatah yang diketuai oleh Ibu Lemiyana, S.E, M.Si. dan Kelompok Studi Pasar Modal UIN Raden Fatah Palembang,” jelasnya.

Selanjutnya, beliau juga menjelaskan antusiasme peserta serta harapan setelah berlangsungnya acara tersebut. “Program yang dilaksanakan di lingkungan Pondok pesantren ini mendapat antusias dari peserta,  yang merasa bersyukur karena bukan hanya mendapat ilmu dan wawasan terkait pasar modal syariah dan kehalalannya,  juga 10 peserta yang beruntung mendapat kesempatan untuk bisa membuka akun saham senilai 100ribu secara gratis,  dan mempraktekkan ilmu yang didapat secara langsung. Tak hanya itu, Pengelola IAIQI Indralaya yang turut memfasilitasi Kegiatan ini juga menyampaikan harapan bahwa program ini dapat dilanjutkan dalam berbagai bentuk skinny’s (lainnya), karena hal ini banyak manfaatnya dan merupakan implementasi perjanjian kerjasama dari banyak pihak yang terlibat, sebagaimana disebutkan sebelumnya yang sangat menunjang terpenuhinya standar menuju akreditasi lembaga yang Unggul,” tutupnya.

Reporter: Fazar Riski Ramadhanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.