FEBI UIN Raden Fatah Palembang Gelar Kegiatan Penulisan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat

Bertempat di Lantai 4 Gedung FEBI Kampus B UIN Raden Fatah Palembang pada Kamis (08/06/2023). Acara tersebut dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Dr. H. Heri Junaidi, M.A., CRA., CRP., Wakil Dekan I Dr. Rika Lidyah, S.E., M.Si., Ak, CA., CRA., CRP., Wakil Dekan II Dr. Titin Hartini, S.E., M.Si., CRA., CRP., Wakil Dekan III Nilawati, S.Ag., M.Hum., CRA., CRP, Kaprodi dan Sekprodi, Dosen-Dosen serta Civitas Akademika FEBI UIN Raden Fatah Palembang.

Tema Kegiatan Penulisan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat ini ialah “Strategi Pemenangan Hibah-Hibah Kompetitif Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat” dan Dr. Rulyanti Susi Wardhani, S.E.,M.Si. selaku Narasumber Utama.

Kegiatan dibuka oleh Dr. H. Heri Junaidi, M.A., CRA., CRP., selaku Dekan FEBI. “Pertama-tama saya disini selaku Dekan FEBI UIN Raden Fatah Palembang mengucapkan terima kasih atas terselenggarakannya kegiatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang berada disini, maka dari itu baiknya kita simak dan pahami pemaparan yang akan disampaikan oleh pemateri sekalian,” pesan Heri Junaidi.

Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Rulyanti Susi Wardhani, S.E., M.Si. Beliau menyampaikan pentingnya segala proposal yang diajukan para dosen harus melewati serangkaian seleksi terlebih dahulu. Seleksi proposal dilakukan dua tahap, pertama seleksi administrasi meliputi seleksi tanggungan luaran tahun-tahun sebelumnya dan struktur penulisan sesuai panduan. Selain bermanfaat untuk masyarakat, penelitian ini akan berguna untuk pengembangan karir dosen itu sendiri karena hasil dari luaran penelitian ini akan dipublish minimal pada jurnal sinta 2 untuk hibah doktor, dan sinta 4 untuk hibah kompetitif dan AIK.

Rulyanti memberikan gambaran pentingnya fokus riset, “banyak selama ini ditemui kesalahan-kesalahan ketika memberikan draft proposal. Selain itu, menjabarkan pula kesalahan-kesalahan yang sering ditemui oleh para dosen sehingga proposal sering tidak lolos seperti Ringkasan yang tidak memenuhi ketentuan, State Of The Art, Diagram Alir, Pengajuan Dana, dan Realisasi Road Map Penelitian,” ujarnya.

Para peserta yang hadir sangat senang mendapat arahan dan bimbingan langsung dari Narasumber, Rulyanti menyimpulkan untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang sukses, seorang peneliti harus memiliki strategi tepat dalam proses pelaksanaan penelitian. “Passion adalah kunci paling utama jika Anda ingin melakukan sebuah penelitian, yang mana keinginan yang kuat harus disertai dengan usaha maksimal,” pungkasnya.

Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat dan sertifikat yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II kepada Narasumber dan disaksikan oleh semua peserta yang hadir.(A.P.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *