Kerja Sama dengan ALAMI Institute, FEBI Laksanakan Kuliah Iftitah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan Kuliah Iftitah Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 di Auditorium Perpustakaan Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Pelaksanaan Kuliah Iftitah ini bekerja sama dengan ALAMI Institute sebagai pelopor Financial Technology (Fintech) berbasis syariah di Indonesia. Jumat, (28/10/2022).

Dengan tema “Islamic Financial Technology: Peluang dan Tantangan di Era Society 5.0”, kuliah ini diberikan langsung oleh Wachid Asad Muslimin selaku Direktur Eksekutif ALAMI Institute.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan FEBI, Dr. Heri Junaidi M.A dan dihadiri oleh jajaran dekanat yaitu, Wakil Dekan 1, Dr. Rika Lidyah, S.E., M.Si., Ak.CA., Wakil Dekan 2 Dr. Titin Hartini, S.E., M.Si., Wakil Dekan 3 Nilawati, S.Ag., M.Hum., Kapala dan Sekretaris Prodi di  serta mahasiswa baru FEBI.

Wahid Asad Muslimin (kiri) sedang menjelaskan mengenai isu keuangan syariah global dan nasional di Auditorium Perpustakaan Kampus B UIN Raden Fatah Palembang. Jumat,(28/10/2022). Dok FEBI.

Selaku Pemateri Wachid Asad Muslimin menuturkan bahwa pada kuliah iftitah hari ini menjalaskan mengenai peluang dan tantangan Islamic Fintech di era 5.0.

“Pada materi hari ini dijelaskan mengenai apa itu fintech, seperti apa perubahan lapangan kerja dengan islamic fintech dalam dunia industri, apa saja yang perlu dipersiapkan dan terkait konsep-konsep islamic fintech dengan model bisnis serta produk produk nya seperti apa.”

Diakhir sesi, Wahid berharap mahasiswa sekarang, khususnya mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang dapat beradaptasi terkait dengan perubahan ini dan harus mempersiapkan diri dari sekarang.

“Akan ada banyak sekali perubahan dalam industri keuangan syariah, khususnya dengan hadirnya teknologi dalam keuangan syariah. Termasuk hilangnya type pekerjaan dalam keuangan syariah sehingga mahasiswa kini harus bisa beradaptasi dengan digitalisasi dengan type pekerjaan baru saat ini seperti data analyst, digital marketing, UI/UX yang pasti bukan berati teman teman tidak bisa bekerja kembali di dunia perbankan hanya saja pekerjaan nya yang berubah.”

Tak hanya itu, pada kuliah iftitah kali ini juga akan dilaksanakan penandatanganan MOA antara FEBI dan Bank Centra Asia (BCA) Syariah Kantor Cabang Palembang.

Reporter: Bunga Yunielda, Nurhalizah, Nadya Az-Zahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *