JELANG PPL, FEBI ADAKAN PEMBEKALAN UNTUK MAHASISWA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah Palembang menggelar Kegiatan Pembekalan Praktikum Pengalaman Lapangan dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas dan Pengembangan Pola Pikir Kreatif Mahasiswa Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Guna Menghadapi Persaingan Kerja di Era Smart Society 5.0” di Auditorium Perpustakaan UIN Raden Fatah Kampus B Jakabaring Palembang, pada Rabu (20/7/22).

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 237 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program studi S1 Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Manajemen Zakat dan Wakaf yang akan melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Pengabdian Masyarakat.

Aryanti, S.E., M.M selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung ke bidang industri. Ia juga berharap setelah mengikuti kegiatan ini para mahasiswa dapat menempatkan dirinya agar tidak tersingkirkan oleh teknologi.

“Seperti kita ketahui bahwa peran manusia itu sudah hampir tergerus oleh teknologi, karena teknologi sekarang sudah semakin berkembang dan sangat maju. Sekarang banyak industri yang sudah memberhentikan banyak karyawannya, contohnya dalam bidang perbankan mesin ATM atau mesin CDM sudah menggantikan peran seorang teller. Oleh karena itu harapan saya dikedepannya agar anak-anak mahasiswa yang pada saat turun PPL di dunia industri kerja, mereka harus mempunyai syarat penting yaitu creativity, critical thinking, communication dan collaboration,” ujarnya.

Adapun pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Bambang Wahyunugroho yang merupakan Pimpinan Divisi Teknologi dan Sistem Informasi Bank Sumsel Babel dan Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum yang merupakan ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang

Bambang Wahyunugroho mengungkapkan bahwa kegiatan Praktikum Pengalaman Lapangan sangat penting untuk dilaksanakan sehingga beliau menyambut baik kerja sama ini.

“Praktikum Pengalaman Lapangan merupakan sarana bagi mahasiswa untuk naik ke jenjang berikutnya. Kegiatan Praktikum Pengalaman Lapangan ini sangat penting dilaksanakan, untuk supaya nantinya dapat meeratkan atau memperkecil gap yg ada antara institusi yang mencetak tenaga-tenaga ahli dengan kami yang ada di profesi,”ujarnya.

Sementara itu, Prof Burlian mengharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan semua dengan sebaik-baiknya. Terutama mengenai program-program pengabdian masyarakat yang akan dijalankan nantinya.

“Pesan dan harapan kami dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non reguler ini yang akan diadakan di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Harapan kami mereka dapat melaksanakan program-program, baik program yang bersifat umum maupun program yang bersifat unggulan. Kemudian pesan yang kedua agar mahasiswa dapat menjaga nama baik UIN Raden Fatah, dan yang terakhir jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” tuturnya.

Reporter  : Nur Halizah, Nadya Az Zahra dan Syahrul Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.