CIPTAKAN MAHASISWA BERJIWA PEMIMPIN MELALUI PRAKTIK LATIHAN IBADAH KEMASYARAKATAN (PLIK)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Fatah Palembang mengadakan Praktik Latihan Ibadah Kemasyarakatan (PLIK). Pelatihan ini diselenggarakan di gedung FEBI UIN tepatnya di kampus B Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini berlangsung dua hari mulai tanggal 11 Juli – 12 Juli 2022.

Mail Hilian Batin, S.E.I., M.E. selaku ketua pelaksana pelatihan PLIK menjelaskan tujuan diadakannya pelatihan ini.

“Tujuan diadakannya kegiatan PLIK ini untuk memberikan masukan atau materi kepada mahasiswa yang akan KKN mulai dari angkatan 2019 pada Rabu 13 Juli 2022. Terdapat empat materi yang diberikan yaitu materi barzanji, pengurusan jenazah, Tahlil, dan juga khutbah. Pada saat mereka terjun di masyarakat nanti mereka bisa memimpin, misalnya ada orang berduka mereka bisa membantu warga sekitar dalam pengurusan jenazah, lalu ketika ada marhabah mereka bisa memimpin atau mengarahkan tahlil serta di saat solat Jumat mereka bisa khutbah”, jelasnya.

Foto proses pelaksanaan PLIK di ruang kelas FEBI kampus B pada Selasa (16-17/07/22).

Salah satu mahasiswa FEBI jurusan ekonomi syariah, Mareta Fitriani menyampaikan pendapatnya tentang terselenggaranya pelatihan ini.

“Menurut saya pelatihan PLIK ini benar-benar bermanfaat bagi kami khususnya pada mahasiswa semester akhir apalagi yang akan melaksanakan KKN. Kami juga dibekali empat materi yang dimulai dari pagi hingga sore. Yang berkesan itu mengenai pelatihan solat jenazah karena benar-benar sangat bermanfaat apalagi bagi mahasiswa awam yang tidak mengetahui praktiknya ketika akan terjun langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap agar pelatihan PLIK tahun depan dilaksanakan lebih awal sebelum mahasiswa KKN.

“Untuk penyelenggaraan tahun depan harapannya bisa diadakan seminggu sebelum pelaksanaan KKN agar tidak mendadak. Selain itu, pada KKN gelombang pertama itu belum ada pelatihan ini jadi belum mengetahui ilmu yang diperoleh hari ini. Tapi benar-benar terimakasih kepada para dosen yang sudah mengajarkan materi hari ini,” tutupnya.

Reporter : Syahrul, Nadya, Nur halizah Fazar, Alfina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.