FEBI Gandeng KNEKS, Adakan Penyelarasan Kurikulum Ekonomi Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang mengadakan workshop dengan tema “Sinergi Edukasi dan Penyelarasan Kurikulum Ekonomi Syariah dengan Perguruan Tinggi” di Auditorium Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Selasa, (05/06/2022)

Dekan FEBI Dr. Heri Junaidi, M.A menyambut kedatangan Pihak Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di tanah Sumatra Selatan.

“Selamat datang KNEKS di Sumatra Selatan yang siap memberi kami ilmu, membantu dan membangun ekosistem keuangan syariah, apalagi jika KNEKS ini bisa ada perwakilannya di Sumatera Selatan,” ujarnya dalam sambutan sambil bergurau.

Dengan adanya kegiatan ini, Heri mengungkapkan bahwa FEBI dapat melakukan pengembangan kurikulum ekonomi dan keuangan syariah

“FEBI ini masih muda dan pengen berkembang dan tentu masalah kurikulum, pengembangan milenial akan menjadi kajian yang ada dan dapat kita rumuskan bersama-sama,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekosistem dan Keuangan Syariah Dr. Emir Sutan Hidayat mengungkapkan bahwa KNEKS diberikan mandat oleh pemerintah untuk mengembankan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

Tak hanya itu, Ia juga mengungkapkan sesuai arahan Pak Wapres selaku Ketua Harian KNEKS, agar setiap provinsi memiliki komite daerah ekonomi dan keuangan syariah.

“Sumsel memiliki potensi industri halal dan pariwisata halal, maka harus dioptimalkan dengan sinergitas bersama Pemerintah Daerah dan PTKIN harus menjadi penggerak ekonomi syariah,” ungkapnya.

Emir berharap setelah workshop ini dilaksanakan dapat memperkaya kurikulum ekonomi dan keuangan syariah yang sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan sesuai.

“Kami berharap, hadirnya kami bersama praktisi industri dapat memperkaya kurikulum ekonomi dan keuangan syariah yang ada di Indonesia, khususnya di Sumatra Selatan sehingga lebih link dan match dengan kebutuhan SDM di industri.”

Setelah melakukan pembukaan acara, workshop ini dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara KNEKS dan FEBI sebagai bentuk kerjasama.

Acara ini di isi oleh Kepala Divisi Pengembangan SDM Ekonomi Syariah KNEKS Dr. M. Sholeh Nurzaman, Analis  Pengembangan Kebijakan SDM Ekonomi Syariah Sudarmawan SamidiSamidi, Lc. M. Mgt dan Hayati. M. Psi., Psi serta pemateri dari praktisi industri Direktur Eksekutif ALAMI Institute Wachid Asad Muslimin, Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Sumatra Selatan Hari Mulyono serta Direktur Eksekutif Muamalat Institute Anton.

Tak hanya dihadiri oleh Civitas Akademika UIN Raden Fatah Palembang, Workshop ini juga diikuti oleh Fakultas Ekonomi UNSRI, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang, STEBIS IGM, STEBIS Muara Enim, STEBIS AI Furqon Prabumulih, dan STEBIS Pagaralam.

Reporter : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.