Prodi S1 Ekonomi Syariah UIN Raden Fatah adakan kembali Pesantren Metodologi

Program Studi S1 Ekonomi Syariah bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah mengadakan kegiatan Pesantren Metodologi dengan tema Pengembangan Potensi Mahasiswa Dalam Mengaktualisasikan Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Selasa, (19/04/2022)

Kegiatan ini dinarasumberi oleh Dekan FEBI, Dr. Heri Junaidi, M.A, Ketua Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Dr. Maftukhatussolikhah, M.Ag, dan beberapa jajaran Dosen-dosen FEBI yaitu M.Iqbal, M.E, M. Rasyid Redho Pratama, M.E., Sy, Erdah Litriani, M.Ec. Dev, dan Disfa Lidian Handayani, M.E.I serta dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta.

Kegiatan ini sendiri digagas oleh HMPS Ekonomi Syariah yang telah didirikan sejak tahun 2014 lalu, tetapi sempat tidak dilaksanakan selama pandemi, dan tahun ini mulai dilaksanakan kembali. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan wawasan terkait metodologi penelitian dan memiliki tujuan praktis dalam kepenulisan skripsi bagi mahasiswa.

Rahmat Ramdhani selaku ketua HMPS Ekonomi Syariah mengungkapkan bahwa progres dari pelaksanaan kegiatan ini tidak terlalu lama. “Progresnya cukup singkat, sangat penting terutama di semester 6 bagaimana mekanisme dalam pelaksanaan sempro atau skripsi karena langsung dinarasumberi oleh Dosen-dosen berpengalaman dari Ekonomi Syariah,” ujarnya.

Dari kegitan ini Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Dr. Maftukhatussolikhah, M.Ag. mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan sangat berguna karena memperkenalkan yang belum dilakukan oleh mahasiswa ‚ÄúDisini menggunakan tool reference manager dalam menulis karya ilmiah. Harapannya, selain model penulisan di prodi eksya semakin modern dalam menggunakan Tool Reference Manager, dan memudahkan mereka untuk menulis skripsi yang baik dan berkualitas karena penulisan karya ilmiah harus menuruti kaidah-kaidah salah satunya ketika melakukan pengutipan itu harus benar karena ada cek plagiarism, tentu saja hal ini akan memudahkan bagi peserta, bagaimana cara menulis skripsi yang baik dan benar, dan memudahkan kami dari pihak pengelola prodi ketika memproses usulan proposal mereka sampai menuju pembimbing dan mereka bisa menghadirkan skripsi mereka dalam ujian proposal,” ucapnya.

Selain itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sekaligus narasumber pada kegiatan ini mengungkapkan “Pesantren metodologi yang dibangun oleh Prodi Ekonomi Syariah memiliki kontribusi besar, minimal mensupport para mahasiswa untuk menyadari betapa pentingnya sebuah proses, sebuah strategi untuk membangun kegiatan keilmiahan, harapan kita adalah kita mau bahwa karya-karya mahasiswa FEBI memiliki kekhasan, keunikan, dan memiliki novelty atau selalu ada kebaruan walaupun baru sesuatu yang sederhana, untuk mencapai itu tidak bisa tidak dia harus memiliki kemampuan metodologi dan bahasa, jadi harapan kedepan bahwa skripsi-skripsi dan tesis-tesis Mahasiswa memiliki kualitas yang meningkat,”

Reporter: Nadya Az Zahra, Nur Halizah, Syahrul Gunawan
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.