WORKSHOP PENYUSUNAN PEDOMAN AKADEMIK

Pada tanggal 11-13 November 2021, bertempat di Hotel Harper Palembang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan Pedoman Akademik FEBI dari yang sebelumnya dan untuk menyesuaikan isinya dengan Pedoman Akademik UIN Raden Fatah yang pada bulan September lalu baru saja disahkan. Kegiatan ini diikuti oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta Gugus Penjamin Mutu Fakultas (GPMF) dan Gugus Pengendalian Mutu Program Studi (GPMP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Acara dimulai pada tanggal 11 November 20201 pukul 08.00 WIB, dengan pembukaan oleh Pemandu Acara yaitu Bapak Mail Hilian Bathin, M.Si, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Iqbal, M.Si, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars UIN Raden Fatah Palembang yang dipandu oleh Ibu Oki Sania Riski, ME. Kemudian, penyampaian kata sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Bapak Dr. Heri Junaidi, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan bahwa nantinya pedoman ini dapat dijadikan peta jalan bagi para mahasiswa FEBI dalam menyelesaikan studinya, sekaligus sebagai guide line untuk dapat menyelesaikan studinya seefektif dan seefisien mungkin.

Setelah resmi dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Wakil Dekan bagian Akademik dan Kelembagaan FEBI, Ibu Dr. Rika Lidyah, SE., M.Si., Ak., CA. Dalam materinya beliau membahas tentang draf Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi dan Tesis) yang sebelumnya telah disusun oleh tim bidang Akademik. Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu didiskusikan mengenai draf pedoman tersebut, dan diharapkan para Komisi dalam kegiatan penyusunan pedoman ini bisa memberikan pemikirannya mengenai draf Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir FEBI hingga diperoleh kesepakatan bersama.

Pemateri kedua dalam kegiatan ini adalah Prof. Maya Panorama, M.Si., Ph.D, selaku Ketua GPMF Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Dalam penyampaian materinya, beliau didampingi oleh Sekretaris GPMF, Ibu Rachmania, M.Si. GPMF menyampaikan rekomendasi dari GPMF serta GPMP FEBI untuk Pedoman Akademik serta Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi dan Tesis yang sedang disusun.

Kegiatan ini berjalan sesuai rundown acara, setelah penyampaian materi oleh Narasumber, dibentuk 3 komisi untuk membahas tiap draf Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir. Ada 4 draf Pedoman yang dibahas dalam kegiatan, yaitu 2 Pedoman Akademik untuk Program Sarjana dan Program Magister, serta 2 Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi dan Tesis).

Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir yang sedang dibahas dalam kegiatan ini akan berlaku bagi mahasiswa FEBI angkatan 2020, yaitu bagi mahasiswa Program Sarjana dan Magister. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah Finalisasi dari Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan dan Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.