I. Manajemen Perubahan

I.1 Tim Kerja

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aPembentukan Tim Kerja[LINK DOKUMEN]
bMekanisme Penentuan Anggota Tim Kerja[LINK DOKUMEN]

I.2 Rencana Pembangunan Zona Integritas

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aRencana Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM[LINK DOKUMEN]
bTarget prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM[LINK DOKUMEN]
cMekanisme/media sosialisasi pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM[LINK DOKUMEN]

I.3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aKesesuaian Pembangunan Zona Integritas dengan Rencana[LINK DOKUMEN]
bMonev Pembangunan Zona Integritas[LINK DOKUMEN]
cTindak Lanjut Hasil Monev[LINK DOKUMEN]

I.4 Perubahan Pola Fikir dan Budaya Kerja

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aPeran Pimpinan Sebagai Role Model dalam Pelaksanaan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM[LINK DOKUMEN]
bPenetapan Agen Perubahan[LINK DOKUMEN]
cPembangunan Budaya Kerja dan Pola Pikir[LINK DOKUMEN]
dKeterlibatan Anggota Organisasi dalam Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM[LINK DOKUMEN]

II. Penataan Tata Laksana

II.1 Prosedur Operasional Tetap

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi? [LINK DOKUMEN]
bApakah prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan?[LINK DOKUMEN]
cApakah prosedur operasional tetap telah dievaluasi?[LINK DOKUMEN]

II.2 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aSistem Pengukuran Kinerja Unit Menggunakan Teknologi Informasi[LINK DOKUMEN]
bOperasional Manajemen SDM Menggunakan Teknologi Informasi[LINK DOKUMEN]
cPemberian Pelayanan Kepada Publik Menggunakan Teknologi Informasi[LINK DOKUMEN]
dMonitoring dan Evaluasi Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Kinerja Unit, Operasional SDM, dan Pemberian Layanan Kepada Publik[LINK DOKUMEN]

II.3 Keterbukaan Informasi Publik

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aPenerapan Kebijakan Tentang Keterbukaan Informasi Publik[LINK DOKUMEN]
bMonitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan dan Keterbukaan Informasi Publik[LINK DOKUMEN]

III. Penataan Sistem Manajemen SDM

III.1 Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?[LINK DOKUMEN]
bApakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?[LINK DOKUMEN]
cApakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi
kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?
[LINK DOKUMEN]

III.2 Pola Mutasi Internal

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aDalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan ?[LINK DOKUMEN]
bApakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?[LINK DOKUMEN]
cApakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?[LINK DOKUMEN]

III.3 Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi?[LINK DOKUMEN]
bDalam menyusun rencana pengembangan kompetensi
pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?
[LINK DOKUMEN]
cApakah terdapat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan?[LINK DOKUMEN]
dApakah pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya?[LINK DOKUMEN]
eDalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?[LINK DOKUMEN]
fApakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam
kaitannya dengan perbaikan kinerja?
[LINK DOKUMEN]

III.4 Penetapan Kinerja Individu

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi?[LINK DOKUMEN]
bApakah ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya?[LINK DOKUMEN]
cApakah Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik?[LINK DOKUMEN]
dApakah hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll)?[LINK DOKUMEN]

III.5 Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan?[LINK DOKUMEN]

III.6 Sistem Informasi Kepegawaian

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala?[LINK DOKUMEN]

IV. Penguatan Akuntabilitas

IV.1 Keterlibatan Pimpinan

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan?[LINK DOKUMEN]
bApakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja?[LINK DOKUMEN]
cApakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala?[LINK DOKUMEN]

IV.2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aApakah dokumen perencanaan sudah ada?[LINK DOKUMEN]
bApakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil?[LINK DOKUMEN]
cApakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)?[LINK DOKUMEN]
dApakah indikator kinerja telah SMART?[LINK DOKUMEN]
eApakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu?[LINK DOKUMEN]
fApakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja?[LINK DOKUMEN]
gApakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja?[LINK DOKUMEN]
hApakah pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten?[LINK DOKUMEN]

V. Penguatan Pengawasan

V.1 Pengendalian Gratifikasi

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTelah Dilakukakan Public Campaign Tentang Pengendalian Gratifikasi[LINK DOKUMEN]
bPengendalian gratifikasi telah diimplementasikan[LINK DOKUMEN]

V.2 Penerapan SPIP

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTelah dibangun lingkungan pengendalian[LINK DOKUMEN]
bTelah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan[LINK DOKUMEN]
cTelah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi[LINK DOKUMEN]
dSPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait[LINK DOKUMEN]

V.3 Pengaduan Masyarakat

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTautan Layanan Pengaduan Masyarakat, Kotak Saran dan Aduan[LINK DOKUMEN]
bBukti laporan tindak lanjut ajuan[LINK DOKUMEN]
cLaporan Monev Penanganan Aduan Masyarakat dan Tindak Lanjutnya[LINK DOKUMEN]

V.4 Whistleblowing System

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aWhistleblowing System telah diterapkan[LINK DOKUMEN]
bLaporan Monev WBS dan Tindak Lanjutnya[LINK DOKUMEN]

V.5 Penanganan Benturan Kepentingan

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aIdentifikasi Pemetaan Kebijakan Benturan Kepentingan[LINK DOKUMEN]
bSosialisasi dan Implementasi[LINK DOKUMEN]
cLaporan Monev Penerapaan COI dan Tindak Lanjutnya[LINK DOKUMEN]

VI. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

VI.1 Standar Pelayanan

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTerdapat kebijakan standar pelayanan[LINK DOKUMEN]
bStandar pelayanan telah dimaklumatkan[LINK DOKUMEN]
cDilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan[LINK DOKUMEN]
dTelah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan[LINK DOKUMEN]

VI.2 Budaya Pelayanan Prima

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTelah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau
kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima
[LINK DOKUMEN]
bInformasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media[LINK DOKUMEN]
cTelah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan[LINK DOKUMEN]
dTelah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar[LINK DOKUMEN]
eTelah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar[LINK DOKUMEN]
fTerdapat inovasi pelayanan[LINK DOKUMEN]

VI.3 Pengelolaan Pengaduan

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTerdapat Media Pengaduan dan Konsultasi Pelayanan yang Terintegrasi dengan SP4N-Lapor[LINK DOKUMEN]
bTerdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan[LINK DOKUMEN]
cTelah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi[LINK DOKUMEN]

VI.4 Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTelah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan[LINK DOKUMEN]
bHasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka[LINK DOKUMEN]
cDilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat[LINK DOKUMEN]

VI.5 Pemanfaatan Teknologi Informasi

NOMORKOMPONENEVIDENCE
aTelah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan[LINK DOKUMEN]
bTelah membangun database pelayanan yang terintegrasi[LINK DOKUMEN]
cTelah dilakukan perbaikan secara terus menerus[LINK DOKUMEN]